Kemendikbudristek Mengajukan Formasi PPPK 2024 untuk Guru & Tendik, DPR Minta Afirmasi

Kemendikbudristek Mengajukan Formasi PPPK 2024 untuk Guru & Tendik, DPR Minta Afirmasi
Ilustrasi PPPK. Foto: Ilustrasi/ANTARA FOTO/ Nova Wahyudi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajukan formasi PPPK 2024 untuk guru dan tenaga kependidikan (tendik). 

Direktur Jenderal Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Nunuk Suryani menyampaikan kabar gembira itu saat rapat koordinasi perencanaan kebutuhan CPNS 2024 dan PPPK pada 6 November 2023.

Honorer tendik menyambut gembira kabar tersebut. Mereka bertahun-tahun hanya bisa gigit jari karena formasi PPPK 2021/2022 khusus untuk guru.

"Ini kabar yang sangat menggembirakan, karena Kemendikbudristek akhirnya mau mengajukan formasi untuk tendik," kata Dewan Pembina Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Raden Sutopo Yuwono kepada JPNN.com, Kamis (9/11).

Dia berharap persyaratan untuk tendik lebih dimudahkan. Salah satunya syarat ijazah lebih dilonggarkan. Sebab, banyak yang hanya lulusan SMA sederajat, bahkan SMP dan SD.

"Mudah-mudahan ada kebijakan khusus untuk honorer tendik yang berijazah SMA ke bawah, ya," kata Raden Sutopo Yuwono.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengungkapkan Kemendikbudristek harus memprioritaskan guru honorer dan tendik dalam seleksi PPPK 2024.

Menurut dia, untuk honorer tendik lulusan SMA, maka Kemendikbudristek, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (KemenPAN-RB) harus menyiapkan afirmasi berupa rekognisi untuk masa pengabdiannya.

Kemendikbudristek mengajukan formasi PPPK 2024 untuk guru dan tendik, DPR minta harus diberikan afirmasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News