Kemendikbudristek Pacu Kuliatas PTN lewat Perbaikan Input

Kemendikbudristek Pacu Kuliatas PTN lewat Perbaikan Input
Pemerintah terus berupaya mewujudkan peningkatan kualitas perguruan tinggi lewat transformasi skema masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Foto: Dok Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam mengatakan pemerintah terus berupaya mewujudkan peningkatan kualitas perguruan tinggi lewat transformasi skema masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Hal itu dikatakan Nizam dalam webinar Silaturahmi Merdeka Belajar (SMB): Mewujudkan Transformasi Skema Masuk Pendidikan Tinggi Negeri Berkeadilan, Kamis (16/9).

Kemendikbudristek berupaya memperbaiki kualitas input PTN sekaligus menyelaraskan terobosan pendidikan di jenjang pendidikan dasar dan menengah.

“Tujuan dari kebijakan ini utamanya adalah menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka,” jelas Nizam.

Nizam mengatakan pada seleksi PTN ke depan calon mahasiswa harus lebih bebas dalam menentukan program studi pilihannya tanpa merasa dibatasi.

Sebab, skema masuk PTN berkorelasi kuat dengan kualitas lulusan perguruan tinggi yang mampu bersaing dalam dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

“Siapa pun dengan kurikulum apa pun bisa mengkuti seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri sesuai dengan skema seleksi yang baru," katanya.

Calon peserta seleksi diharapkan bisa lebih fokus pada pembelajaran, penguasaan materi, kemampuan bernalar, kemampuan literasi, dan numerasi yang lebih mendalam, serta kemampuan untuk memanfaatkan pengetahuan di dalam menyelesaikan berbagai permasalahan secara lintas keilmuan.

Pemerintah terus berupaya mewujudkan peningkatan kualitas perguruan tinggi lewat transformasi skema masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News