Kemendikbudristek Siapkan Dana Rp 600 Miliar untuk Revitalisasi KCBN Muarojambi

Kemendikbudristek Siapkan Dana Rp 600 Miliar untuk Revitalisasi KCBN Muarojambi
Kawasan Cagar Budaya Nasional Candi (KCBN) Muarojambi terletak di tepi sungai Batanghari, Provinsi Jambi. Daerah ini merupakan salah satu kawasan cagar budaya Buddha tertua dan terluas di Asia Tenggara. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, MUARO JAMBI - Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan dana Rp 600 miliar untuk merevitalisasi KCBN Muarojambi.

Kawasan Cagar Budaya Nasional Candi (KCBN) Muarojambi terletak di tepi sungai Batanghari, Provinsi Jambi.

Daerah itu merupakan salah satu kawasan cagar budaya Buddha tertua dan terluas di Asia Tenggara.

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Fitra Arda, dana Rp 600 miliar itu akan dialokasikan untuk empat kegiatan, yaitu pengadaan lahan, pemugaran, pembersihan kanal, dan penguatan ekosistem.

Untuk pekerjaan pemugaran ini meliputi candi Kotomahligai, candi Paritduku, pemugaran candi Sialang, dan Manappo alun-alun.

Pembersihan kanal meliputi pembersihan tuntupan vegetasi, yaitu Buluran Tiang, Parit Buluh, kolam Sangkar Ikan, kolam Tetagorajo 2.

Lalu, penggalian sedimen Buluran Tiang dan kolam Kedaton 

Kepala Unit Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Agus Widiatmoko mengungkapkan kawasan cagar budaya Buddhis tertua dan terluas di Asia Tenggara.

Kemendikbudristek menyiapkan dana Rp 600 miliar untuk merevitalisasi KCBN Muarojambi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News