Kemendiknas Tetap Izinkan Pelajar ke Malaysia

Kemendiknas Tetap Izinkan Pelajar ke Malaysia
Kemendiknas Tetap Izinkan Pelajar ke Malaysia
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menghimbau agar akademisi Indonesia tidak turut bersitegang dengan Malaysia. Selama hubungan diplomatik Indonesia dan Malaysia masih ada, Kemendiknas tidak melarang pelajar dan mahasiswa untuk menuntut ilmu di negeri jiran tersebut.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan, selama kedua negara tersebut tidak mengeluarkan larangan berkunjung, maka Kemendiknas juga tidak melarang penduduk Indonesia untuk belajar ke Malaysia. "Berilmu boleh saja lintas wilayah. Tidak ada yang boleh membatasinya," terang Nuh.

Nuh mengungkapkan, akademisi Indonesia yang belajar dan tinggal di Malaysia, seharusnya tidak turut memperkeruh suasana. Mantan menteri komunikasi dan informasi itu melarang mereka masuk ke dalam dunia politik. "Akademisi Indonesia jangan ikut ke wilayah politik yang semacam itu," tandasnya, saat dihubungi Jawa Pos, kemarin.

Meskipun Indonesia tidak lagi menjalin hubungan diplomatik dengan Malaysia, kata Nuh pula, Kemendiknas tetap tidak membatasi mahasiswa dan pelajar untuk kuliah di Malaysia. "Tidak ada yang beda. Mahasiswa kita di Malaysia dan mahasiswa Malaysia di Indonesia, tetap akan kami berikan perlindungan," ungkap mantan Rektor ITS Surabaya itu.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menghimbau agar akademisi Indonesia tidak turut bersitegang dengan Malaysia. Selama hubungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News