Kemenhub Alokasikan Pembangunan Transportasi di Papua

Kemenhub Alokasikan Pembangunan Transportasi di Papua
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempersiapkan program pembangunan di wilayah Papua.

Langkah ini dilakukan sebagai implementasi program pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur.

Untuk itu Kemenhub secara sistematis merancang beberapa kegiatan strategis pembangunan transportasi, seperti pembangunan infrastruktur dan memberikan subsidi angkutan barang di wilayah Papua.

"Tahun ini 10 persen anggaran Kemenhub dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di Papua dan kami mulai dengan tol laut. Selain memberikan subsidi untuk masyarakat bepergian, kami juga mensubsidi angkutan barang di Papua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Budi juga memaparkan pembangunan infrastruktur transportasi laut dan penyeberangan perlu dioptimalkan dalam mendukung konektivitas antar pulau serta angkutan barang di Papua.

"Adanya tol laut bisa mengurangi disparitas harga antara timur dan barat. Saat ini kita sudah dapat mencapai wilayah di Timika, Merauke, Manokwari dan kita akan tingkatkan untuk dapat mencapai wilayah yang berada di ketinggian (pegunungan)," papar Budi.

Selain itu, mantan dirut AP II ini juga menuturkan perlunya pengembangan transportasi sungai untuk menuju ke daerah terpencil/terdalam di wilayah Papua.

"Mulai tahun ini distribusi barang sudah kami lakukan melalui sungai di Merauke, Timika, Asmat ke wilayah utara sehingga angkutan barang bukan hanya di daerah pantai saja tapi juga di daerah sungai sehingga harga barang akan lebih murah," tutur Budi.(chi/jpnn)
 


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah mempersiapkan program pembangunan di wilayah Papua.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News