Kemenhub Bakal Dorong Galangan Kapal Tradisional

Kemenhub Bakal Dorong Galangan Kapal Tradisional
Kapal

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan arahan dalam acara Musyawarah Nasional I Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MUNAS I HIMPUNI) di Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Sabtu (1/4).

Dalam pengarahannya Budi mengajak ikatan alumni universitas yang tergabung dalam Himpuni untuk bisa bekerjasama dalam mensukseskan program Kementerian Perhubungan.

"Saya berharap Himpuni dapat bekerja sama dalam mensukseskan pelaksanaan program-program Kemenhub yaitu tol laut, pembangunan kapal untuk pelayaran rakyat serta pendidikan vokasi bidang pelayaran untuk pemuda pemudi Indonesia," ujar Budi.

Program unggulan Kemenhub yang dikemukakan Budi yakni tol laut untuk konektivitas antar wilayah serta mengurangi disparitas harga antara wilayah barat dan timur.

"Jumlah rute pelayaran di program tol laut saat ini ada 11 rute dan akan ditambah sebanyak dua rute pada 2017," tutur dia.

Program selanjutnya adalah pemberian bantuan 100 kapal pelayaran rakyat (pelra) untuk mendukung transportasi laut ke daerah-daerah yang tidak dilayani kapal perintis, serta mendorong usaha masyarakat pada kapal-kapal tradisional yang mengangkut komoditas bahan pokok atau barang lainnya.

"Kemenhub akan mendorong galangan kapal tradisional untuk ikut membangun kapal-kapal pelra tersebut," tandas dia.(chi/jpnn)



Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News