Kemenhub Berkomitmen Melaksanakan Lima Agenda Prioritas, Apa Saja?

Kemenhub Berkomitmen Melaksanakan Lima Agenda Prioritas, Apa Saja?
Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Kerja Sektor Transportasi Nasional 2022. Foto: Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Dalam pelaksanaan program kerja 2022, Kemenhub telah menyusun secara terperinci Renstra Kementerian Perhubungan 2020-2024 yang merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Ada tiga key performance indikator (KPI) utama dalam pelaksanaan tugas Kemenhub.

Yaitu, peningkatan konektivitas nasional, peningkatan layanan transportasi, dan peningkatan keselamatan transportasi.

Kemenhub berkomitmen melaksanakan lima agenda prioritas.

Yaitu, pengembangan konektivitas dan aksesibilitas dalam mendukung sepuluh Destinasi Pariwisata Prioritas; Logistik; Daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP); Ibu Kota Negara (IKN); serta pemenuhan kebutuhan SDM Transportasi yang link and match dengan industri.

Data BPS menunjukkan pada triwulan III-2020 sektor transportasi dan pergudangan terkontraksi sebesar -16,7 persen (y-on-y).

Namun, upaya perbaikan yang telah dilakukan pada triwulan IV 2021, sektor transportasi dan pergudangan telah tumbuh signifikan mencapai 7,93 persen (y-on-y).

Berdasarkan asumsi ekonomi makro yang disusun Bappenas, pertumbuhan ekonomi Indonesia diharapkan tumbuh mencapai 5,2-5,5 persen pada 2022 dan 5,3-5,9 persen pada 2023.

Kemenhub menyusun Renstra Kementerian Perhubungan 2020-2024 yang merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News