Kemenhub dan Komisi V Tinjau Revitalisasi Terminal Harjamukti Cirebon

Kemenhub dan Komisi V Tinjau Revitalisasi Terminal Harjamukti Cirebon
Kemenhub bersama komisi V DPR meninjau Terminal di Cirebon. Foto: Kemenhub

jpnn.com, CIREBON - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi bersama rombongan Komisi V DPR RI meninjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat pada Kamis (10/2).

Dirjen Budi mengatakan sesuai arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rangka mengembalikan fungsi terminal dan meningkatkan minat masyarakat bepergian menggunakan transportasi umum.

Menurut dia, Kemenhub terus berupaya melakukan perbaikan salah satunya dengan revitalisasi atau perbaikan terminal bus.

Dia menjelaskan bahwa Kemehub melakukan revitalisasi tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan juga investor swasta melalui konsep KPBU (Kerjasama Pemerintah - Badan Usaha) untuk membangun pusat komersial.

“Adapun revitalisasi Terminal Tipe A Harjamukti Cirebon ini dikonsepkan terminal mixed used dan akan dimanfaatkan juga sebagai pusat kegiatan masyarakat Kota Cirebon dan sekitarnya,” kata Dirjen Budi.

Ketua Tim Komisi V DPR RI Arwani Thomafi mengatakan tujuan dari revitalisasi terminal itu agar masyarakat para pengguna transportasi mendapatkan pelayanan lebih baik, kemudahan aksesibilitas, keamanan, dan kenyamanan saat menggunakan transportasi.

"Ke depannya diharapkan juga Terminal Harjamukti ini bisa dimanfaatkan secara penuh oleh masyarakat Cirebon dan sekitarnya untuk kegiatan positif," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati juga mengatakan bahwa teriminal lainnya tipe C bisa terhubung dengan Terminal tipe A yang ada.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi bersama rombongan Komisi V DPR RI meninjau progres revitalisasi Terminal Tipe A Harjamukti, Cirebon, Jawa Barat pada Kamis (10/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News