Kemenhub Intensifkan Pengecekan Keselamatan Angkutan Jalan Jelang Mudik

Kemenhub Intensifkan Pengecekan Keselamatan Angkutan Jalan Jelang Mudik
Menhub Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Ditjen Perhubungan Darat 2022 pada Selasa (29/3). Foto: Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginstruksikan jajarannya untuk mengoptimalkan pengecekan aspek keselamatan angkutan jalan menjelang masa mudik Lebaran 2022.

Hal itu disampaikan Menhub Budi saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Ditjen Perhubungan Darat 2022 pada Selasa (29/3).

''Tahun ini, keinginan masyarakat untuk mudik sangat tinggi. Selain berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 terkait penerapan prokes, kami harus mengintesifkan pengecekan aspek keselamatan,” jelas Budi Karya.

Dia menjelaskan, pengecekan ramp check terhadap kelaikan angkutan jalan seperti bus harus dilakukan sejak dini dan mendetail.

“Dalam diskusi dengan Kakorlantas, ramp check, khususnya bus pariwisata, harus dilakukan. Jangan abai, kalau sudah dekat Lebaran, kami susah mengontrol. Kami tidak ingin tiba-tiba ada kecelakaan,” ujar Menhub.

Dia menuturkan, pihaknya juga memeriksa kesehatan para pengemudi.

Menhub meminta Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), dinas perhubungan di daerah, dan Kemenkes untuk memeriksa kesehatan para pengemudi bus di terminal.

“Kami ingin kesehatan supir diperiksa. Pastikan mereka dalam keadaan sehat, berkendara dengan santun, tidak ugal-ugalan,” ucap Menhub.

Kemenhub mengoptimalkan pengecekan keselamatan angkutan jalan menjelang masa mudik Lebaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News