Kemenhub Lakukan Audit Khusus Terhadap Merpati

Kemenhub Lakukan Audit Khusus Terhadap Merpati
Kemenhub Lakukan Audit Khusus Terhadap Merpati
JAKARTA - Kementerian Perhubungan sedang melakukan pemeriksaan khusus (special audit) terhadap PT Merpati Nusantara Airline terkait kecelakaan serius yang terjadi di Kaimana, Papua. Dari hasil audit khusus itu, akan ada rekomendasi terhadap pesawat MA 60 buatan Tiongkok.

"Audit khusus itu akan menyangkut tiga hal yaitu audit kecelakaan untuk melihat kondisi perawatan pesawat, audit terhadap manajemen dalam melakukan standar keselamatan sesuai Air Operation Certificate (AOC), dan audit laporan kerusakan yang terjadi selama ini (Defact report)," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Herry Bakti S Gumay di kantornya kemarin.

     

Dia mengaku selama ini biasa melakukan audit umum pada seluruh maskapai penerbangan. Tetapi, karena adanya peristiwa kecelakaan itu, maka audit khusus yang dilakukan. "Surat untuk melakukan special audit sudah dikirimkan kepada manajemen MNA Senin (9/5) dan inspektur dari Ditjen Hubud tengah melakukan pemeriksaan," terangnya.

     

Selanjutnya dikatakan, dari hasil audit khusus itu akan ada rekomendasi terhadap pesawat MA 60 yang selama ini digunakan Merpati. Jika dari tiga unsur audit itu terjadi pelanggaran maka pemerintah bisa saja meng-grounded pesawat MA 60. "Meng-grounded pesawat seperti itu biasanya dilakukan untuk kesalahan design atau terjadi kerusakan pada perangkat," cetusnya.

     

JAKARTA - Kementerian Perhubungan sedang melakukan pemeriksaan khusus (special audit) terhadap PT Merpati Nusantara Airline terkait kecelakaan serius

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News