Kemenhub Mulai Persiapkan Angkutan Lebaran 2018

Kemenhub Mulai Persiapkan Angkutan Lebaran 2018
Suasana mudik lebaran di stasiun. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melakukan langkah awal dengan mulai mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 bersama dengan stakeholder terkait, meski Hari Raya Idul Fitri masih enam bulan lagi.

“Angkutan Lebaran merupakan momen yang sangat ditunggu oleh masyarakat, kami berharap dengan mempersiapkan penyelenggaraan Angkutan Lebaran lebih awal bisa mendorong semua stakeholder terkait untuk melakukan akselerasi serta antisipasi agar penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 berjalan dengan tertib, selamat, aman dan nyaman,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat memimpin rapat koordinasi di kantor Kementerian Perhubungan Jakarta, Selasa (16/1).

Selain itu, Budi juga menyampaikan beberapa langkah persiapan yang akan dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam menghadapi Angkutan Lebaran 2018.

Langkah-langkah tersebut yakni melakukan peninjauan kesiapan sarana dan prasarana jalan baik jalan nasional, jalan tol maupun jalan alternatif, peninjauan di simpul-simpul transportasi seperti bandara, terminal penumpang dan pelabuhan penyeberangan.

Budi juga mengingatkan kepada pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk menggunakan fasilitas mudik gratis yang diselenggarakan baik dari pemerintah, BUMN, maupun swasta.

“Kami tidak merekomendasikan mudik dengan menggunakan sepeda motor,” ucapnya.

Budi menambahkan, sesuai arahan Menteri Perhubungan dengan mempertimbangkan dunia usaha terkait durasi pengaturan operasional kendaraan barang pada masa Lebaran 2018 akan dibagi menjadi dua, sebelum dan setelah hari H.

"Saya berharap pelaku usaha bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Selain itu juga melakukan stok bahan baku industri serta bahan kebutuhan pokok lebih awal sehingga distribusi barang kebutuhan masyarakat tidak terganggu," tandas Budi.(chi/jpnn)


Selain itu, Budi juga menyampaikan beberapa langkah persiapan yang akan dilakukan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam menghadapi Angkutan Lebaran 2018.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News