Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior

Kemenhub Rampungkan Pembangunan Pelabuhan Wasior
Gedung Kemenhub. Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merampungkan pembangunan fasilitas Pelabuhan Wasior. Itu dilakukan untuk mendukung konektivitas moda transportasi laut dan menggerakkan roda perekonomian di Provinsi Papua Barat.

"Pengembangan pelabuhan tersebut dibangun secara multiyears dari dana APBN Kementerian Perhubungan tahun anggaran 2005-2015 dengan nilai investasi sekitar Rp 79 miliar," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub, JA Barata di Jakarta, Jumat (1/4).   Nantinya Pelabuhan Wasior bisa disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS. Selain itu ada pula pembangunan fasilitas darat seperti kantor, terminal penumpang, pos jaga, rumah pompa, genset, gudang seluas 15x40 m2, dan lapangan penumpukan seluas 10.000 m2 .   "Pembangunan pelabuhan Wasior bertujuan untuk bisa memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat Kabupaten Teluk Wondana, Papua Barat dalam menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antar daerah," papar Barata.

Pelabuhan Wasior diharapkan mendorong pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyediakan sarana angkutan laut, yang memudahkan angkutan penumpang dan barang.

Selain itu, pembangunan pelabuhan Wasior bermanfaat meningkatkan konektivitas sebagai upaya mempersatukan Indonesia. Rencananya pelabuhan Wasior akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan pada Senin (4/4). (chi/jpnn)  

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah merampungkan pembangunan fasilitas Pelabuhan Wasior. Itu dilakukan untuk mendukung konektivitas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News