Kemenhub Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang

Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Kemenhub Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang
Kemenhub Siapkan Antisipasi Lonjakan Penumpang

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan antisipasi terhadap lonjakan penumpang jelang liburan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Salah satu antisipasinya adalah dengan mempersiapkan puluhan ribu angkutan transportasi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Sugihardjo mengatakan, persiapan itu penting untuk menjamin kelancaran dan keselamatan penumpang selama libur Natal dan akhir tahun.  "Semua moda transportasi sudah kita siapkan, baik darat laut maupun udara," ujarnya dalam jumpa pers di Kemenhub, Jakarta, Rabu (10/12).

Ia merinciikan, puluhan ribu angkutan yang sudah disiapkan di antaranya, 36.937 bus, 177 kapal milik PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP), 411 angkutan kereta api, 40 lokomotif cadangan, 1.500 kereta siap operasi, 1.364 kereta stamformasi dan 136 kereta cadangan.

Sedangkan untuk angkutan laut, persiapan sudah menjangkau 1.254 kapal dengan rincian 25 kapal milik PT Pelni, 80 armada perintis, satu kapal Ro-Ro (roll on roll of)  milik PT ASDP, 29 kapal Ro-Ro milik swasta, 70 kapal penumpang swasta, serta 1.049 kapal swasta jarak dekat. Sementara untuk angkutan udara disiapkan sebanyak 430 pesawat.

Di samping itu, lanjut Sugihardjo, Kemenhub juga mempersiapkan petugas yang bekerja di lapangan serta melakukan pengecekan kelayakan sarana transportasi. "Upaya antisipasi lonjakan penumpang tetap memperhatikan aspek keselamatan, baik terkait cuaca maupun ketersediaan fasilitas keselamatan pelayaran. Semua harus sudah siap," tandasnya.(chi/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan antisipasi terhadap lonjakan penumpang jelang liburan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News