Minggu, 16 Juni 2019 – 10:15 WIB

Kemenhub Siapkan Mitigasi Bencana di Bandara New Yogyakarta International Airport

Senin, 21 Januari 2019 – 10:17 WIB
Kemenhub Siapkan Mitigasi Bencana di Bandara New Yogyakarta International Airport - JPNN.COM

jpnn.com, YOGYAKARTA - Pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo telah disiapkan dengan baik terkait mitigasi bencana, seperti tsunami.

Hal ini disiapkan mengingat letak bandara yang hanya berjarak 400 meter dari bibir pantai selatan Yogyakarta.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi setelah memimpin rapat progres pembangunan Bandara NYIA di Bandara Adisutjipto, Minggu (20/1) kemarin.

Bahkan, ahli mitigasi bencana juga didatangkan.

“Tsunami sudah kami antisipasi. Karena itu kami telah menunjuk beberapa ahli dari Jepang, ITB, dan UGM di mana kami sudah memperhitungkan dengan skala tsunami yang besar, bandara ini tetap bisa eksis secara struktur. Kami sudah antisipasi dengan menyiapkan mitigasinya,” kata Budi.

Terkait penyiapan mitigasi bencana NYIA, Budi mengatakan, beberapa antisipasi baik dari sisi struktur maupun operasionalnya, seperti menanam pohon-pohon dan membuat bangunan sebagai penahan jika terjadi tsunami.

“Level pertama itu praktis dibuat fleksibel sehingga mitigasi bencana tsunami itu para penumpang, para pengunjung bisa naik ke atas dengan ketinggian floor to floornya (jarak antar lantai) 8 meter, jadi Insya Allah sudah kami mitigasi baik dari struktur, maupun kami mitigasi bagaimana operasionalnya,” tandas Budi.(chi/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar