Kemenhub Tunjuk Pelindo I Jadi Operator Pemandu Kapal

Kemenhub Tunjuk Pelindo I Jadi Operator Pemandu Kapal
Pelindo I. Foto IST

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan me-launching pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura, yang masuk dalam wilayah kedaulatan Indonesia.

Kementerian Perhubungan telah menunjuk PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I sebagai operator yang akan melakukan pemanduan kapal asing dan domestik di Selat Malaka.

Hal ini sesuai Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor. BX.428/PP 304 pada 25 November 2016, tentang Pemberian Izin Kepada PT Pelabuhan Indonesia I untuk melaksanakan Pelayanan Jasa Pemanduan dan Penundaan Kapal pada Perairan Pandu Luar Biasa di Selat Malaka dan Selat Singapura.

"Saya meminta Pelindo I agar melaksanakan pelayanan pemanduan secara profesional dan kompetetif dengan menyiapkan tenaga pandu yang profesional," ujar Budi di Jakarta, Minggu (9/4).

Dengan diresmikannya pelayanan Pemanduan Luar Biasa di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura ini, keselamatan dan keamanan pelayaran bagi kapal-kapal yang berlayar di wilayah ini dapat lebih terjamin.

"Selain itu, pelaksanaan pemanduan ini akan menunjang perkembangan perekonomian secara nasional, karena ada pendapatan yang masuk ke BUMN dan kas negara melalui PNBP," tandas Budi.(chi/jpnn)


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan me-launching pemanduan di Perairan Selat Malaka dan Selat Singapura, yang masuk dalam wilayah kedaulatan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News