Kemenkes Pastikan Vaksin Tetap Ampuh Lawan Varian Delta

Kemenkes Pastikan Vaksin Tetap Ampuh Lawan Varian Delta
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. Foto/ilustrasi: tangkapan layar dalam video Kemenkes.

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Vaksinasi Covid 19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memastikan semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah masih efektif untuk menangkal berbagai varian virus Covid 19.

Salah satunya ialah varian Delta atau B1617.2 yang belum lama ini ditemukan di Indonesia.

"Betul, semua vaksin masih sangat efektif untuk memberikan proteksi," kata Nadia kepada JPNN.com, Rabu (16/6).

Nadia juga menegaskan saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar program vaksinasi dipercepat untuk mewujudkan kekebalan komunal.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid 19 Wiku Adisastimo juga mengatakan vaksin masih efektif untuk melawan varian Delta.

"Tentunya secara keseluruhan, sekarang masih memiliki (efikasi, red) karena efektivitas atas 50 persen masih terpenuhi," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (15/6).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelumnya melaporkan kemunculan virus Covid 19 varian Delta yang ditemukan di Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta.

"Ini penularannya lebih cepat, walaupun tidak lebih mematikan," ucap Menteri Budi dalam konferensi pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo pada Senin, (14/6). (mcr9/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Kemenkes memastikan semua jenis vaksin yang disediakan pemerintah efektif menangkal virus Covid 19 varian Delta.


Redaktur & Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News