Kemenkes Terima Bantuan Oksigen Generator dari AEON

Kemenkes Terima Bantuan Oksigen Generator dari AEON
Kemenkes menerima bantuan 5 unit oksigen generator dari AEON Group. Foto: dok. Kemenkes

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerima bantuan berupa 5 unit oksigen generator beserta aksesoris dan suku cadangnya.

Penyerahan bantuan itu dilakukan oleh Presiden Direktur PT. AEON Indonesia Takahiro Osugi kepada Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Kelima oksigen generator itu akan diberikan ke rumah sakit vertikal Kemenkes, yaitu RSUP Persahabatan Jakarta, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUP Kariadi Semarang, RSUP Sardjito Yogyakarta, dan RS Soetomo Surabaya.

"Bantuan ini akan menjadi cadangan untuk mengantisipasi potensi lonjakan kasus Covid-19," kata Kunta Wibawa, Senin (27/9).

Kunta berharap kolaborasi antara Kemenkes dengan AEON Group Indonesia bisa diperluas untuk mendukung 6 pilar transformasi sistem kesehatan 2021-2024.

Transformasi tersebut terdiri dari layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.

“Kami berharap kolaborasi kita di bidang kesehatan bisa lebih variatif sesuai dengan transformasi kesehatan di Indonesia,” ujar Kunta.

Sementara itu, Takahiro Osugi mengungkapkan bantuan ini juga diberikan kepada empat negara ASEAN lainnya sebagai upaya pengendalian pandemi Covid-19.

Kemenkes menerima bantuan berupa 5 unit oksigen generator beserta aksesoris dan suku cadangnya dari AEON Group Japan.