Kemenkeu Beberkan Data Investor SUN, Lelang Perdana Bikin Lega

Kemenkeu Beberkan Data Investor SUN, Lelang Perdana Bikin Lega
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan data lelang Surat Utang Negara (SUN) pada lelang perdana awal 2022, Selasa (4/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan data lelang Surat Utang Negara (SUN) pada lelang perdana awal 2022, Selasa (4/1).

Direktur Surat Utang Negara Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kemenkeu Deni Ridwan menyatakan minat investor SUN sangat baik yang ditandai dengan penawaran masuk mencapai Rp 77,58 triliun.

"Incoming bids yang masuk sebesar Rp 77,58 triliun, dibandingkan dengan target penerbitan Rp 25 triliun, bid to cover ratio adalah sebesar 3,1 kali," kata Deni di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, penawaran masuk yang tinggi itu tidak terlepas dari kinerja APBN 2021 yang positif, terutama dari sisi penerimaan.

"Kinerja APBN menjadi sinyal kuat optimisme kelanjutan pemulihan ekonomi di 2022," bebernya

Pada lelang awal tahun Kemenkeu memperkenalkan seri benchmark baru tenor 15 tahun, yaitu FR0093.

Seri anyar tersebut mendapatkan penawaran terbesar, yaitu Rp 26,8 triliun atau 34,5 persen dari total penawaran masuk.

"Yield incoming bids FR0093 berkisar antara 6,35 persen sampai dengan tujuh persen. Pemerintah memenangkan seri tersebut sebesar Rp 6,3 triliun dengan WAY 6,46 persen serta yield tertinggi 6,5 persen," katanya.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membeberkan data lelang Surat Utang Negara (SUN) pada lelang perdana awal 2022, Selasa (4/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News