Kemenkeu: Inflasi 2022 Berpotensi Mencapai 4,5 Persen

Kemenkeu: Inflasi 2022 Berpotensi Mencapai 4,5 Persen
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengeluarkan proyeksi laju inflasi pada 2022. Ilustrasi pasar: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengeluarkan proyeksi laju inflasi pada 2022. 

Menurutnya, inflasi berkisar 3,5 persen sampai 4,5 persen secara tahunan atau lebih tinggi dari asumsi APBN 2022 sebesar tiga persen.

Febrio mengatakan inflasi melampaui asumsi APBN 2022 karena kenaikan harga komoditas global terutama energi dan pangan.

"Memang lebih tinggi dari proyeksi awal APBN 2022. Kenaikan (harga komoditas global) ini tentu berpotensi meningkatkan harga komoditas dalam negeri," katanya dalam Konferensi Pers APBN KiTa secara daring yang dipantau di Jakarta, Rabu (27/7).

Febrio membeberkan pemerintah akan terus mewaspadai perkembangan harga terkini.

Di sisi lain, juga akan menstabilkan harga pangan agar tidak langsung berdampak kepada masyarakat atau konsumen.

Pemerintah akan menggunakan APBN sebagai bantalan untuk melindungi daya beli masyarakat dan menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional.

"APBN berperan sebagai shock absorber, kita ingin menjaga daya beli masyarakat dan sekaligus memastikan momentum pemulihan ekonomi terus terjaga. Dalam konteks ini untuk menjaga daya beli tercermin dari angka inflasi yang relatif terjaga dibandingkan banyak negara lain," tegasnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengeluarkan proyeksi laju inflasi pada 2022.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News