Kemenkeu Satu Gelar Bazar UMKM di Sejumlah Wilayah, Ini Tujuannya

Kemenkeu Satu Gelar Bazar UMKM di Sejumlah Wilayah, Ini Tujuannya
Kemenkeu Satu yang di dalamnya termasuk Bea Cukai menggelar bazar UMKM di sejumlah wilayah, salah satunya Padang. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Satu menggelar bazar UMKM di sejumlah wilayah, seperti Yogyakarta, Padang, Banjarmasin, Tanjungpinang, Makassar, dan Jakarta.

Kemenkeu Satu merupakan program kolaborasi dari berbagai unsur dalam Kementerian Keuangan yang salah satunya Bea Cukai.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Hatta Wardhana menyampaikan Bazar UMKM Kemenkeu Satu merupakan sarana pemberdayaan UMKM melalui promosi produk kepada masyarakat.

"Hal ini juga sebagai momentum refleksi perkembangan tugas dan fungsi Kemenkeu Satu bagi masyarakat,” kata Hatta Wardhana melalui keterangan yang diterima, Selasa (28/3).

Hatta menyebutkan Bea Cukai turut hadir memberikan informasi dan membuka sesi konsultasi bagi masyarakat maupun pelaku UMKM yang hendak melaksanakan ekspor.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada 2021 mengungkapkan 64 juta usaha di Indonesia didominasi oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sayangnya, kontribusi ekspor UMKM hanya mencapai 15 persen.

“Hadirnya Bea Cukai diharapkan mampu mendorong pelaku UMKM untuk berkembang menembus pasar global sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” ujar Hatta.

Kemenkeu Satu yang di dalamnya termasuk Bea Cukai menggelar bazar UMKM di sejumlah wilayah, nih tujuannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News