Kemenko Perekonomian Tata Ekosistem Logistik lewat NLE

Kemenko Perekonomian Tata Ekosistem Logistik lewat NLE
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyatakan bahwa capaian tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi pada Q1-2023 yang sebesar 5,03 persen. Foto: dok Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Kemenko Perekonomian menilai memasuki Triwulan III-2023 ekonomi nasional hingga kini terus menunjukkan eksistensi positif dengan berbagai capaian kinerja fundamental yang solid.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menyatakan bahwa capaian tersebut ditunjukkan dengan pertumbuhan ekonomi pada Q1-2023 yang sebesar 5,03 persen.

Adapun tingkat inflasi Juni yang terkendali pada angka 3,52, surplus transaksi berjalan Q1-2023 sebesar 0,8 persen dari PDB, serta diikuti dengan pertumbuhan positif sejumlah indikator perekonomian seperti PMI Manufaktur, Indeks Keyakinan Konsumen, hingga investasi.

Meski demikian, pemerintah juga tetap antisipatif dalam merespons ketidakpastian global pada berbagai sektor yang mampu mempengaruhi kinerja perekonomian.

Salah satunya, kata Susiwijono, pada sektor logistik sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Kinerja sektor logistik tersebut ditunjukkan oleh capaian Logistics Performance Index (LPI) yang pada 2023 sendiri menempati skor sebesar 3,00.

“LPI merupakan alat ukur kita di dalam mengidentifikasi tantangan peluang di dalam logistik perdagangan kemudian beberapa yang diukur ini sebenarnya berdasarkan survei-survei terhadap para pelaku usaha,” ungkap Susiwijono, saat menyampaikan sambutan dalam acara Bincang Stranas PK: Kok Bisa Rapor Logistik Turun Saat Pelabuhan di Indonesia 20 Besar Terbaik Dunia, pada Selasa (18/07) di Kantor Komisi Pemberantas Korupsi (KPK).

Susiwijono menyebutkan capaian LPI 2023 tersebut menujukkan penurunan dari 2018 yang sebesar 3,15.

Dia menyebutkan beberapa mempengaruhi capaian itu, seperti menurunnya indikator penilaian yang memerlukan partisipasi pihak swasta seperti kompetensi dan kualitas layanan logistik, kemampuan tracking dan tracing, kemudahan layanan pengapalan ke Indonesia, serta frekuensi kesesuaian jadwal waktu barang diterima.

Sektor logistik sebagai salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional. Kinerja sektor logistik tersebut ditunjukkan oleh capaian Logistics Performance Index

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News