Kemenko PMK Fokus 4 Prioritas Nasional

Kemenko PMK Fokus 4 Prioritas Nasional
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengikuti rapat pembahasan RKA dalam RAPBN-P 2019. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengikuti rapat pembahasan RKA dalam RAPBN-P 2019 di Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang dipimpin Ketua Banggar Azis Syamsuddin, Rabu (5/9).

Rapat juga diikuti Menko Polhukam Wiranto, Menko Perekonomian Darmin Nasution, dan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Puan, sesuai dengan Peraturan Presiden (PerPres) No.9/2015, tugas pokok  Kemenko PMK adalah urusan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian (KSP) program pembangunan manusia dan kebudayaan.

“Urusan bidang PMK mencakup kualitas hidup manusia (kesejahteraan), kapabilitas manusia Indonesia (pemberdayaan), dan pembangunan karakter Indonesia,”ujar Puan.

Dia menambahkan, dalam rancangan RKP 2019, pemerintah telah menetapkan lima prioritas nasional dan 24 program prioritas.

“Dalam RKP tersebut Kemenko PMK melaksanakan empat prioritas nasional dan 12 program prioritas,” kata Puan.

Prioritas pertama adalah pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar dengan lima program prioritas.

Yakni, percepatan pengurangan kemiskinan, peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat, pemerataan pendidikan berkualitas, peningkatan akses masyarakat terhadap perumahan dan permukiman layak, dan peningkatan tata kelola layanan dasar.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengikuti rapat pembahasan RKA dalam RAPBN-P 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News