Kemenkominfo-Siber Kreasi Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Masyarakat di Kota Ini

Kemenkominfo-Siber Kreasi Gelar Pelatihan Literasi Digital untuk Masyarakat di Kota Ini
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital. Foto: Dokumentasi Kemkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siber Kreasi menggelar literasi digital untuk masyarakat di wilayah Maluku dan Papua.

Acara tersebut dilakukan mengingat sejak pandemi covid-19 lalu penggunaan internet meningkat dan mempercepat adopsi digital pada kegiatan sehari-sehari.

Menurut laporan HootSuite dan We Are Social pengguna internet aktif di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa pada awal 2022, atau meningkat 2,1 juta dibandingkan awal tahun sebelumnya.

Pemerintah pun mendorong masyarakat untuk bisa beradaptasi menggunakan aplikasi dan meningkatkan kompetensi digital agar masyarakat mampu membentengi diri dari risiko penggunaan internet seperti penipuan online dan cyber bullying.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan program literasi digital telah menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten/kota dan 34 provinsi diseluruh Indonesia.

"Kami berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia," ujar Menteri Johnny dalam sambutan program Makin Cakap Digital, Selasa (2/8).

Dia menambahkan pada 2022 diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital tersebut bisa tercapai.

"Peningkatan kecakapan digital tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal, mengingat Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang besar," ujar Menkominfo, Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siber Kreasi menggelar literasi digital untuk masyarakat di wilayah di kota ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News