Kemenkumham Siapkan 600 Formasi CPNS dari Jalur Ikatan Dinas

Kemenkumham Siapkan 600 Formasi CPNS dari Jalur Ikatan Dinas
Tes CPNS. Ilustrasi Foto: Radar Tarakan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 600 formasi CPNS disiapkan untuk calon taruna / taruni (catar) sekolah kedinasan Politeknik llmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik lmigrasi (Poltekim) milik Kementerian Hukum dan HAM.

Formasi untuk lulusan SLTA sederajat ini terbagi atas formasi Poltekip sebanyak 300 catar (225 taruna dan 75 taruni).

Sementara 300 formasi lain diperuntukan bagi Poltekim yang terdiri atas 225 taruna dan 75 taruni. Jumlah formasi tersebut lebih banyak jika dibandingkan tahun 2017 lalu yang hanya membuka formasi sebanyak 500 orang.

Melalui surat pengumuman Nomor M.HH .KP.A2.A4-134 para pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan seperti nilai rata-rata yang terdapat dalam ijazah sekurang-kurangnya 7,0 (skala penilaian 1-10) bagi lulusan SLTA sederajat.

Namun bagi pelamar yang berasal dari wilayah Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat diberikan afirmasi, nilai rata-rata dalam ijazah sekurang-kurangnya 6,2 (skala penilaian 1-10).

Syarat lain ialah usia pada 1 April 2018 serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun.

Para pelamar pun diwajibkan memiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria. Sedangkan 158 cm bagi wanita, serta berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak memakai kacamata dan/atau softlens, tidak tuli, dan tidak buta warna.

Calon pendaftar pun bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan lmigrasi diseluruh Wilayah lndonesia.

Formasi untuk lulusan SLTA sederajat ini terbagi atas formasi Poltekip sebanyak 300 catar (225 taruna dan 75 taruni).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News