KemenPAN-RB Minta Warga Waspada Penipuan Seleksi CPNS

KemenPAN-RB Minta Warga Waspada Penipuan Seleksi CPNS
Tes CPNS sistem CAT. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, hingga saat ini belum ada penerimaan CPNS 2017.

Masyarakat pun diminta tidak mengindahkan rayuan oknum baik PNS maupun nonPNS, tentang rekrutmen CPNS.

"KemenPAN-RB sampai saat ini masih melakukan pengkajian yang seksama. Bukan hanya mempertimbangkan hasil analisis jabatan dan beban kerja instansi, tapi juga dari sisi kapasitas fiskal negara dan aspek lainnya yang relevan," ujar Herman di Jakarta, Senin (15/1).

Pernyataan Herman menanggapi‎ kejadian penipuan di Jawa Barat. Korban diminta menyetor uang puluhan bahkan ratusan juta rupiah dengan imbalan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) palsu.‎

Dijelaskan Herman, sejak 2013, seleksi penerimaan CPNS tidak manual lagi, tetapi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

CAT merupakan sistem perekrutan CPNS yang dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, sehingga pelaksanaan maupun hasil ujiannya tidak mungkin dimanipulasi.

“Dimulai 2013, tes CPNS sudah berbasis elektronik dengan menggunakan sistem CAT yang pelaksanaannya dijamin objektif, transparan dan bebas dari praktik korupsi, pungli serta tidak dipungut biaya. Saya harap ini bisa dipahami masyarakat, sehingga ke depan tidak ada lagi masyarakat yang tertipu,” tandasnya. (esy/jpnn)

 Kepala Biro Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News