Kemenpar Dukung Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara

Kemenpar Dukung Silaturahmi Nasional Raja dan Sultan Nusantara
Tampak ratusan perahu pada acara Parade Juanga dalam rangka menyambut Sultan Tidore Husain Sjah beserta bala tentara kesultanan Tidore. FOTO: Humas Kemenpar RI

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung Forum Raja, Sultan, Datu dan Ratu yang akan mengadakan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan Nusantara ke-V di Gedung Nusantara DPR RI , 27-28 Juli 2017 mendatang.

Rencananya, forum silatnas itu akan dihadiri 243 Raja dan Ratu se-Indonesia dan sudah termasuk bangsawan dari internasional seperti Amerika Serikat, Miami, Florida, Jerman, Rusia, Korea.

“Kita beruntung memiliki kesultanan dan kerajaan yang banyak. Kesultanan dan kerajaan itu sudah pasti memiliki budaya Adilihung yang tinggi. Itu yang ingin kita lestarikan,” ujar Ketua Pokja Tim Percepatan Borobudur Hari Untoro Drajat saat jumpa pers persiapan Silatnas V di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Gedung Kemenpar.

Beragam kesultanan dan kerajaan dari masing-masing memiliki budaya adiluhung yang tinggi.

Seluruhnya memiliki keunikan masing-masing yang bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi turis pecinta budaya.

Itu baru berbicara tentang keberagaman suku dan etnis semata. Produk budaya yang berbentuk karya seni lebih banyak lagi.

Ada batik, Tari Kecak, gamelan, umumnya sukses menghipnotis wisatawan pencari keindahan budaya nusantara.

Karya arsitektur masa lampau seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, serta tempat-tempat ibadah seperti Pura dan Klenteng, juga menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat lokal dan turis mancanegara. Keanekaragaman dan kekhasan budaya Indonesia inilah yang berhasil menarik jutaan wisatawan domestik maupun asing.

“Faktor nomor satu memang turis masih mencari budaya. Menurut World Tourism Organization, wisatawan yang berkunjung ke Indonesia itu 60% karena budaya 35% karena alam dan manmade 5%,” tambahnya.

Hari yang juga pernah menjabat sebagai staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar itu menjelaskan, pelestarian budaya bukan hanya pada bangunan saja, tapi juga pengembangan dan pemanfaatan budaya, sehingga ada nilai-nilai yang bermanfaat.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung Forum Raja, Sultan, Datu dan Ratu yang akan mengadakan Silaturahmi Nasional (Silatnas) Raja dan Sultan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News