Kemenpera Optimis Target Rumah Murah Tercapai

Kemenpera Optimis Target Rumah Murah Tercapai
Kemenpera Optimis Target Rumah Murah Tercapai

jpnn.com - JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tetap optimis pencapaian target KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang ditetapkan sebanyak 121 ribu unit rumah tahun ini bisa tercapai. Untuk itu, Kemenpera berharap kalangan perbankan dan para pengembang tetap mendorong masyarakat memanfaatkan KPR FLPP yang memiliki suku bunga tetap dan angsuran rendah selama masa tenor 20 tahun.

“Kami tetap optimis target KPR FLPP 2013 sebanyak 121 ribu bisa tercapai,” ujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenpera Sri Hartoyo dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN, Jumat (2/8).

Sri Hartoyo mengungkapkan, adanya KPR FLPP secara tidak langsung akan sangat membantu masyarakat khususnya berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah yang diinginkan. Selain itu, adanya suku bunga tetap sebesar 7,25 persen dan angsuran rumah rendah selama masa tenor 20 tahun akan sangat meringankan beban masyarakat.

“Pada semester pertama ini jumlah capaian KPR FLPP memang baru mencapai 40 persen.  Akan tetapi  ini merupakan siklus properti yang sering terjadi dalam bisnis perumahan khususnya rumah bersubsidi,” terangnya.

Ia memperkirakan, jumlah peningkatan KPR FLPP akan terjadi setelah lebaran mendatang dan akhir tahun. Pasalnya, kebanyakan masyarakat berpenghasilan rendah pada pertengahan tahun yakni Juni dan Juli memanfaatkan dananya untuk kebutuhan biaya sekolah anak-anak serta persiapan menjelang lebaran.

“Biasanya masyarakat akan memanfaatkan dana sisa setelah lebaran sebagai tambahan dana untuk merealisasikan akad KPR. Selain itu, kebanyakan proyek perumahan baru selesai antara bulan September hingga Desember,” tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tetap optimis pencapaian target KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang ditetapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News