Kemenperin Kenalkan Sepeda Listrik Buatan Anak Bangsa, Lihat tuh

Kemenperin Kenalkan Sepeda Listrik Buatan Anak Bangsa, Lihat tuh
Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin, Reni Yanita (kiri) saat menghadiri launching prototipe buatan IKM Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu (ANTARA/ HO Biro Humas Kementerian Perindustrian)

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama produsen sepeda PT Juara Bike (Selis) meluncurkan purwarupa sepeda listrik.

Sepeda tersebut merupakan hasil rakitan yang dilakukan oleh Industri Kecil Menengah (IKM) sebagai bentuk dukungan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

“Para perajin sepeda listrik yang meluncurkan prototipe telah mendapatkan pendampingan dari pemerintah dan produsen besar,” ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (31/10).

Reni mengatakan selama ini Kemenperin terus mendukung penguatan peran IKM dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik, di antaranya melaksanakan Bimbingan Teknis Diversifikasi Produk IKM Komponen Otomotif Pendukung Kendaraan Listrik.

Pada acara bimbingan di NTB, para peserta diseleksi oleh Tenaga Ahli dari Selis, dan diperoleh lima peserta yang selanjutnya mendapatkan pendampingan.

Adapun IKM yang terpilih, yaitu Le-Bui asal Kabupaten Lombok Barat, NgebUTS asal Kabupaten Sumbawa, Fi-Bike asal Kota Bima, Mori Taho asal Kabupaten Dompu, dan SMKN 3 Mataram asal Kota Mataram.

“Kemenperin melakukan pembinaan dengan pendekatan strategi kemitraan dalam mendorong kerja sama bisnis antara IKM sepeda listrik NTB dengan industri besar sepeda,” paparnya.

Reni nyampaikan setelah mendapatkan pendampingan dari tenaga ahli industri besar, IKM sepeda listrik di NTB diharapkan mampu meningkatkan kompetensi teknis produksi.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama produsen sepeda PT Juara Bike (Selis) meluncurkan purwarupa sepeda listrik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News