Kemenpora Gelar Rakornas untuk Menyiapkan Desain Besar Kepemudaan Nasional

Kemenpora Gelar Rakornas untuk Menyiapkan Desain Besar Kepemudaan Nasional
Rakornas untuk pembuatan Desain Besar Kepemudaan Nasional. Foto:Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora menggelar rapat koordinasi nasional (Rakornas) bidang pemberdayaan pemuda di Bali, Jumat (2/7).

Dalam pertemuan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat ini, sejumlah harapan disampaikan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah.

"Secara substantif, output kegiatan yang akan dihasilkan yaitu melakukan uji publik perdana terhadap draf desain besar pembangunan kepemudaan. Pembahasan draf pedoman panduan Rencana Aksi Daerah pelayanan kepemudaan, serta pembahasan dokumen strategi peningkatan peran pemuda yang ditopang dengan penataan sistem aplikasi yang terintegrasi," kata Deputi Faisal.

Selain itu, Faisal juga menyampaikan bahwa rapat koordinasi nasional ini memiliki lima tujuan. Pertama, yaitu meningkatkan kapasitas kelembagaan, koordinasi, sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan Kemenpora dengan stakeholder kepemudaan.

Kedua, meningkatkan pemahaman dan implementasi sebagai dasar penyusunan kebijakan dan alat ukur keberhasilan pelayanan kepemudaan.

"Kemudian, yang ketiga meningkatkan kajian, advokasi kebijakan dan perlindungan pemuda. Keempat, mendukung percepatan penyusunan rencana aksi daerah kepemudaan. Serta, kelima yakni meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan baik pusat daerah," tuturnya.

Lebih lanjut, Faisal berharap pertemuan yang dilakukan secara langsung dan virtual ini bisa menghasilkan rumusan yang membawa kegiatan kepemudaan lebih maksimal.

"Kami mendorong bagaimana pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Oleh karenanya, mari gunakan kesempatan ini dengan baik. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar,” terang pria asal Makassar tersebut. (dkk/jpnn)

Kemenpora sedang menyiapkan desain besar untuk pembangunan kepemudaan di Indonesia


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News