Kemenpora Promosi Pencak Silat di Azerbaijan

Kemenpora Promosi Pencak Silat di Azerbaijan
Delegasi Indonesia di Azerbaijan. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, BAKU - Delegasi Tim Coaching Clinic yang terdiri dari dua orang pelatih dan lima orang perform seni bela diri cabang olahraga pencak silat, tiba di Baku, Azerbaijan pada Jumat (8/9).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asdep Peningkatan Tenaga dan Organisasi Keolahragaan bersama Asdep Industri dan Promosi Olahraga pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga yang didukung PB IPSI dan PERSILAT bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Kedutaan Besar RI untuk Republik Azerbaijan.

Hal ini dilaksanakan untuk mengisi salah satu program dalam agenda Memeriahkan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) 2017 dan Kemerdekaan RI ke 72 Tahun di Azerbaijan.

Kedatangan delegasi dari Indonesia disambut secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan, Dr. H. Husnan Bey Fananie, MA, dalam rangkaian acara resmi jamuan makan malam (welcome dinner).

Dalam kesempatan tersebut, bersamaan hadir pula delegasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata Kabupaten Langkat-Sumsel, utusan dari UIN Bandung, delegasi musik budaya (Dwiky Dharmawan), delegasi dari Daya dan perwakilan lainnya yang memang hadir dalam rangka memeriahkan Indonesia Cultural Festival (ICF) 2017, yang di dalamnya akan ditampilkan berbagai sajian budaya termasuk pencak silat sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia, yang diharapkan terus bisa berkiprah hingga ke jenjang yang tertinggi.

Dalam sambutannya, Dubes Fananie menyampaikan keberadaan Pencak Silat merupakan cabang olahraga yang sangat besar atensinya di Azerbaijan, dibuktikan dengan banyaknya perguruan dan padepokan pencak silat yang mencapai puluhan jumlahnya dan munculnya atlet pencak silat Azerbaijan yang menjadi juara di berbagai event di Eropa dan Asia.

"Pentingnya budaya cabang olahraga pencak silat untuk terus dikembangkan dan disosialisasikan dengan baik oleh seluruh stakeholder yang terlibat, termasuk kami selaku wakil Indonesia yang berada di Azerbaijan," kata Fananie.

Namun demikian, lanjutnya, Azerbaijan juga tetap perlu dukungan dari semua pihak agar keberadaan cabang olahraga pencak silat bisa terus berkembang pesat dan aktif pembinaannya. "Sehingga harapan agar bisa dipertandingkan di level tertinggi, yakni salah satu nomor cabang olahraga olympic bisa tercapai," tutup Fananie.

Dalam rangka memeriahkan Haornas 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News