Kemenpora Sampaikan Klarifikasi soal Mandalika Racing Team Indonesia

Kemenpora Sampaikan Klarifikasi soal Mandalika Racing Team Indonesia
Lokasi sirkuit jalan raya Mandalika (Mandalika Street Circuit) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: ANTARA/ITDC

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengeluarkan empat sikap dalam pernyataan klarifikasi terkait rencana Mandalika Racing Team Indonesia menggelar konferensi pers di lingkungan kementerian itu pada Rabu (28/10).

Dalam keterangan resmi yang diterima jpnn.com pada Selasa malam (27/10), disebutkan klarifikasi ini perlu disampaikan merespons isu yang berkembangan di publik tentang rencana kegiatan Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI).

Berikut pernyataan klarifikasi resmi Kemenpora RI tersebut:

Kementerian Pemuda dan Olahraga memandang perlu untuk menyampaikan pernyataan klarifikasi atas rencana Mandalika Racing Team Indonesia yang akan diadakan di Kemenpora pada tanggal 28 Oktober 2020:
 
Kemenpora pada dasarnya mendukung sepenuhnya rencana kegiatan bagi suksesnya penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika – Lombok NTB pada menjelang akhir tahun 2021.

Hal tersebut, selain karena merupakan event olahraga internasional yang sangat dinanti-nantikan kehadirannya di Indonesia, juga telah didukung oleh banyak lembaga. Namun demikian:

1.      Kemenpora harus menjelaskan lagi kepada masyarakat umum, bahwa leading sector persiapan dan penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sehingga Kemenpora tidak ingin melampaui yang menjadi kewenangan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

2.      Kemenpora sebagai penanggung-jawab bidang keolahragaan membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi dan membentuk tim pembalap untuk MotoGP 2021 di Mandalika. Namun demikian, sepenuhnya harus berkoordinasi dengan pihak IMI selaku induk organisasi cabang olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia.

3.      Yang memiliki kewenangan dan memberikan lisensi bagi penyelenggaraan MotoGP 2021 di Mandalika adalah Dorna Sports sebagai pemilik penuh semua hak komersial dan penyiaran event tersebut.

Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) tidak diizinkan mengadakan kegiatan di Kantor Kemenpora RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News