Kemenpora Terus Geber Pelatihan Kepemimpinan dalam Rumah Tangga

Kemenpora Terus Geber Pelatihan Kepemimpinan dalam Rumah Tangga
Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT) yang digelar di Depok 21-22 Junii 2022, dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh. Foto: Humas Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Kemenpora kembali menggeber kegiatan demi menyiapkan calon-calon orang tua berkualitas yang mampu membina tumah tangga dan bisa melahirkan calon pemimpin masa depan.

Program tersebut yaitu Pelatihan Kepemimpinan Pemuda dalam Rumah Tangga (PKPRT). Kementerian yang dipimpin Menpora Zainudin Amali itu bekerja sama dengan Bidang Kepemimpinan Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.

Kegiatan yang digelar di Depok 21-22 Junii 2022, itu dibuka langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh.

Dengan menggelar PKPRT ini, Niam menyampaikan pentingnya orang tua mendidik anak dengan baik, terutama dalam upaya pemenuhan hak-hak tumbuh kembang anak.

Sebab, di dalam hukum perkawinan memuat hak dan kewajiban masing-masing dalam keluarga, perencanaan keluarga sebagai indikator kemampuan kesiapan berumah tangga, serta dinamika relasi psikologis laki-laki dan perempuan dalam bingkai keluarga.

Menurtnya, menikah bukan hanya persoalan berkumpulnya laki-laki dan perempuan dalam satu rumah, tetapi ada tanggung jawab dan kewajiban di dalamnya, ada peran kepemimpinan, peran kepemimpinan yang tidak hanya dimiliki laki-laki, tetapi juga oleh perempuan.

Dia melanjutkan untuk memenuhi kewajiban mengasuh anak yang tepat agar tidak terjadi stunting serta penelantaran anak, harus menjadi pengetahuan dasar bagi para pemuda.

"Karena pemuda akan menjadi pemimpin dalam keluarga dan menjadi pemimpin publik hari ini dan masa-masa selanjutnya,” papar Kordinator Bidang yang membawahi Bidang Kepemimpinan dan Kepemudaan MPP ICMI, itu.

Ketua Umum MPP ICMI Arif Satria menyampaikan pentingnya pengetahuan dan penguatan leadership bagi para pemuda. Pemuda menurut Arif harus memiliki leadership dengan modal dasar ctitical thinking, kolaboratif serta mampu berkomunikasi dengan baik.

Kemenpora kembali menggeber kegiatan demi menyiapkan calon-calon orang tua berkualitas yang mampu membina tumah tangga dan melahirkan calon pemimpin masa depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News