KemenPPA Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak Selama Masa Pandemi Covid-19

KemenPPA Ajak Masyarakat Penuhi Hak Anak Selama Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi Hari Anak Nasional Foto: dok Icando

jpnn.com, JAKARTA - Dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengajak masyarakat meramaikan diskusi tentang peran keluarga dan pendidikan anak pada masa pandemi Covid-19.

"Acara ini diharapkan dapat menjadi ruang belajar bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memahami praktik baik pembangunan keluarga demi mendukung kesejahteraan anak dan perempuan Indonesia," ujar Asisten Deputi Peningkatan Partisipasi Keluarga Kementerian PPPA Priyadi Santosa dalam keterangan tertulis, Senin (26/7).

Diskusi tersebut telah berjalan sejak 21 Juli dan berlangsung hingga 30 Juli.

Sejumlah narasumber turut meramaikan kegiatan ini seperti pendiri Sekolah Cikal, Najeela Shihab, kemudian Kak Seto, Gustika Jusuf-Hatta, Tunggal Pawestri, Sakdiyah Ma’ruf, Margianta Surahman, Andreas Harsono, dan beberapa lainnya.

Acara merupakan rangkaian Festival Keluarga Responsif Gender dan Responsif Hak Anak bertajuk "Nanti Kita Cerita Tentang Perempuan dan Anak (NKCTPA)" yang diselenggarakan KemenPPPA.

Menurut Priyadi, diskusi tersebut merupakan salah satu bentuk upaya mempromosikan nilai keluarga yang responsif gender dan responsif hak anak, utamanya pada masa pandemi COVID-19.

"Serta mampu mempromosikan nilai-nilai keluarga yang berlandaskan kesetaraan gender dan hak anak ke berbagai pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah,dunia usaha, lembaga masyarakat, hingga sampai kepada keluarga-keluarga meskipun dihadapkan dengan berbagai permasalahan serius terutama di masa pandemi," kata dia.

Kementerian PPPA, menurut dia, mendorong dukungan dari berbagai pihak terhadap pemenuhan hak anak, perlindungan anak, dan penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan.

Dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengajak masyarakat meramaikan diskusi tentang peran keluarga dan pendidikan anak pada masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News