JPNN.com

Kemenristek/BRIN Dukung Inovasi Teknologi Pengelolaan Sumur Minyak Tua

Minggu, 20 Desember 2020 – 15:50 WIB
Kemenristek/BRIN Dukung Inovasi Teknologi Pengelolaan Sumur Minyak Tua - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro meninjau inovasi teknologi tepat guna (TTG), berupa mobile rig mounted yang diinisiasi para peneliti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN-VY) untuk pengelolaan sumur minyak tua.

Dalam konteks teknologi tepat guna, Menristek Bambang mendukung UPN-VY dalam upaya pengelolaan sumur minyak tua yang jumlahnya ada sekitar 13 ribu di berbagai daerah, dan masih memiliki potensi cukup besar.

"Potensi dari sumur minyak tua ini masih banyak dan saya setuju jika UPN-VY menjalin kerja sama dengan daerah. Intinya kami sangat mendukung UPN dalam pengelolaan sumur minyak tua sebagai konteks teknologi tepat guna," ungkap Menristek/Kepala BRIN, Minggu (20/12).

Mobile rig mounted merupakan inovasi teknologi tepat guna dan berperan dalam pengelolaan sumur tua. Teknologi tepat guna ini berupa truk yang dimodifikasi dengan alat pengeboran sehingga dapat dimobilisasi ke lokasi sumur minyak. Alat ini telah diuji coba di beberapa daerah seperti Cepu, Bojonegoro, Kendal, Pulau Seram, dan Grobokan.

Sekitar 13 ribu sumur minyak tua tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dan sebagian di antaranya masih dikelola secara sederhana. Pengelolaan sumur minyak tua ini bisa menghasilkan sekitar 400- 500 barel/hari, sehingga turut berkontribusi dalam penyediaan kebutuhan minyak dan gas dalam negeri.

Menteri Bambang berharap jika suatu saat menjadi perguruan tinggi negeri badan layanan usaha (PTN-BLU), UPN-VY perlu membentuk operator serta menjalin kerja sama dengan daerah setempat dalam pengelolaan sumur minyak tua.

Mantan Menteri Keuangan RI itu juga berpesan agar UPN-VY melibatkan koperasi dalam mengelola hasil dari sumur minyak tua tersebut. Suatu saat jika menjadi PTN-BLU, UPN-VY akan lebih fleksibel dalam melakukan kegiatan komersial dari hasil penelitian.

Bahkan, UPN-VY bisa membuat unit yang berfungsi sebagai operator dari sumur minyak tua dan bekerja sama dengan daerah, BUMD, atau BUMDES.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...