Kemensos Genjot KUBE Jasa dan e-Warung demi Tekan Kemiskinan

Kemensos Genjot KUBE Jasa dan e-Warung demi Tekan Kemiskinan
Mensos Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan salah satu e-Warong beberapa waktu lalu. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Sosial (Kemensos) terus berupaya memperbanyak keberadaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Jasa dan e-Warung untuk mempercepat pengentasan kemiskinan. Untuk itu, kementerian di bawah komando Khofifah Indar Parawansa itu menargetkan penambahan KUBE Jasa dan e-Warung masing-masing 500 unit.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Andi ZA Dulung mengatakan, Kube Jasa dan e-Warung bisa menjadi wadah bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk menjalankan usaha bersama. Menurutnya, penambahan 500 KUBE Jasa dan 500 e-Warung akan terwujud hingga akhir tahun ini.

“Karena setiap kabupaten/kota kita telah bikin sebanyak 10-15," ujar Dulung di sela-sela acara sosialisasi Bantuan Pengembangan Sarana Usaha (BPSU) Melalui e-Warung di Bekasi, Selasa (24/10).

Dia menjelaskan, pemerintah memberikan modal sebesar Rp 20 juta bagi pelaku KUBE Jasa. Sedangkan bantuan untuk rehab seriap e-Warung sebesar Rp 10 juta.

Dulung menambahkan, pemerintah mengharapkan KUBE Jasa bisa menjadi agen perbankan melalui kerja sama dengan Himpunan Bank Negara (Himbara). "Mereka ke depan bisa menjadi agen bank. Untuk itu kami terus berikan pendampingan agar bisa berkembang," tegas Dulung.

Berdasar data Kemensos, penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) tahun ini sebanyak 1,28 juta KPM. Adapun untuk 2018, pemerintah menargetkan penerima BPNT meningkat menjadi 10,73 juta KPM.

KPM BPNT menerima bantuan sebesar Rp 110.000 per bulan untuk membeli kebutuhan pangan tertentu seperti beras, telur, minyak goreng, dan gula. Untuk itu pula Kemensos menggandeng Himbara guna menyediakan infrastrukturnya.

"Infrastruktur yang telah disiapkan adalah Himbara RPK (ruang pelayanan khusus) dan KUBE Jasa. Ini yang diharapkan akan memberikan percepatan penurunan rasio gini," kata dia.

Kemensos terus berupaya memperbanyak keberadaan Kelompok Usaha Bersama atau KUBE Jasa dan e-Warung untuk mempercepat pengentasan kemiskinan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News