Kemensos RI DAN BNI Bentuk e-Warong KUBE Ke-14

Terapkan Sistem Penyaluran Bansos Secara Digital di Semarang

Kemensos RI DAN BNI Bentuk e-Warong KUBE Ke-14
Meneri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com - SEMARANG - Sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta penggunaannya pada Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik (e-Warong KUBE) terus dikembangkan. 

Kini, Kementerian Sosial RI dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk memperluas penerapan sistem tersebut hingga Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan tersebut, BNI dan Kemensos meresmikan e-Warong KUBE ke-14 sejak program ini pertama kali digulirkan sekitar 3 bulan lalu.

Dengan demikian, sebagian dari para penerima manfaat Bantuan Sosial atau Subsidi pemerintah di Semarang sudah dapat bertransaksi membeli Sembako di e-Warong KUBE PKH ) tanpa harus menggunakan uang tunai. Transaksi pembayarannya akan menggunakan uang elektronik yang disiapkan oleh BNI.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, warong yang menjadi saluran distribusi banyuan akan menyalurkan berbagai bahan pangan pokok seperti semisal gula, minyak, dan beras. Ke depan, e-Warong juga kemungkinan akan menyediakan bahan pangan berupa bawang, daging sapi dan daging ayam potong.

"Karena mendapat dukungan pangan dari Bulog langsung ke warung, rantai distribusi akan terpangkas sehingga harganya bisa lebih murah. Program ini mengedepankan gotong royong," kata Khofifah.

Khofifah menjelaskan konsep e-Warong didasarkan dari prinsip revolusi mental, yakni gotong royong, integrits, dan kerja keras. Kebetulan, pada prinsip tersebut sejalan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang dideklarasikan pada peringatan Hari Kemanusiaan Se-dunia yang jatuh pada 19 Agustus. 

Dengan dibukanya e-Warong KUBE di Semarang, maka hingga saat ini, BNI telah membangun 14 e-Warong KUBE yang tersebar di Malang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jakarta, Solo, Boyolali, dan Semarang. Melalui e-Warong KUBE tersebut BNI juga dapat mengembangkan basis nasabahnya, yaitu para penerima manfaat bantuan sosial atau subsidi.

Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto mengungkapkan, Peluncuran Layanan e-Warong KUBE di Semarang ini merupakan yang ke-9 kalinya yang dilakukan oleh BNI, dan akan terus berkembang di Indonesia. BNI menaruh komitmen tinggi terhadap beragam program bantuan sosial dari pemerintah, karena BNI lahir dan berkembang dari masyarakat ekonomi kecil. 

SEMARANG - Sistem penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara digital dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta penggunaannya pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News