Kementan Ajak Petani Genjot Pendapatan dengan Berwirausaha

Kementan Ajak Petani Genjot Pendapatan dengan Berwirausaha
Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengunjungi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Terpadu Ikamaja yang berada di Desa Wanajaya, Kecamatan Sukaraja, Garut, Sabtu (25/9). Foto: Kementan

jpnn.com, GARUT - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengajak petani meningkatkan pendapatan dengan cara berbisnis dan berwirausaha.

Seperti yang dilakukan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Terpadu Ikamaja yang berada di Desa Wanajaya, Kecamatan Sukaraja, Garut.

"Petani harus bisa memanfaatkan pertanian untuk meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu, petani juga harus mengerti cara berbisnis dan berwirausaha," kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang mengunjungi P4S binaan Kementan itu pada Sabtu (25/9) juga menyampaikan hal yang sama.

"P4S memang tempat pelatihan bagi petani di perdesaan. Artinya ini jadi pusat pembelajaran yang sangat lengkap," katanya.

Dedi menjelaskan P4S bisa berfungsi menjadi pusat bisnis, offline maupun online.

"Pikirkan bagaimana caranya agar kita bisa memenuhi kebutuhan pasar, yaitu dengan cara genjot produktivitas, genjot efisiensi. Menekan ongkos produksi adalah bagian dari efisiensi," katanya.

Dia juga menyampaikan salah satu hal yang bisa ditiru dari P4S Ikamaja mengajarkan petani mengolah kandang sapi.

Kementan mendorong petani memanfaatkan pertanian untuk meningkatkan pendapatan dengan cara berwirausaha.