Petani di Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Nana Sudjana Optimistis Produksi Pangan Meningkat

Petani di Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Nana Sudjana Optimistis Produksi Pangan Meningkat
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana (kedua kanan) saat mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada penyerahan bantuan alsintan di Makodam IV/Diponegoro, Selasa (23/4/2024). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana optimistis produksi pangan di wilayahnya tahun ini meningkat.

Hal itu didorong dengan adanya gelontoran bantuan 10.000 alat mesin pertanian (alsintan) dan pupuk dari Kementerian Pertanian.

“Jawa Tengah ini salah satu provinsi penyangga kebutuhan pangan nasional. Kami berharap dengan adanya tambahan (alsintan, bibit, dan pupuk) tadi, insyaallah (hasil panen bertambah) sekitar 1,2 juta sampai 1,5 juta ton,” kata Nana Sudjana saat mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyerahkan bantuan alsintan di Makodam IV/Diponegoro, Selasa (23/4/2024).

Sebagai provinsi penyangga ketahanan pangan nasional pada tahun 2023 lalu produksi panen padi di Jawa Tengah mencapai 9,08 juta ton gabah kering giling (GKG). Jumlah itu setara dengan 5,22 ton beras.

“Berdasarkan capaian tahun 2023 itu, kami optimistis bisa kembali melanjutkan tren peningkatan produktivitas tahun 2024. Kami laporkan, bahwa perkiraan produksi sampai dengan April 2024 sebesar 3.534.046 ton," ujar Nana.

Bantuan 10.000 alsintan ini terdiri atas pompa air, cultivatior, hand sprayer, rice transplanter, traktor, dan rehab jaringan irigasi.

“Atas nama forkopimda dan masyarakat Jawa Tengah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi dengan adanya bantuan berupa alat pompa, traktor, atau alsintan yang diberikan oleh Menteri Pertanian. Ini bentuk atensi juga dari Presiden RI," imbuhnya.

Bantuan tersebut merupakan solusi dari pemerintah setelah sebelumnya para petani menghadapi kekeringan, fenomena El Nino, serta cuaca yang tidak menentu.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana optimistis produksi pangan di wilayahnya tahun ini meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News