Kementan: Sertifikasi jadi Kunci Sukses Pembangunan SDM Pertanian

Kementan: Sertifikasi jadi Kunci Sukses Pembangunan SDM Pertanian
Sekretaris Badan PPSDMP, Siti Munifah dalam Rapat Pimpinan Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian di Hotel Santika Garut, Jumat (24/09). Foto: dok Kementan

jpnn.com, GARUT - Tidak bisa dipungkiri, Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian merupakan faktor penting bagi pembangunan sektor pertanian.

Salah satu indikator penting dalam keberhasilan pembangunan SDM pertanian adalah sertifikasi profesi bidang pertanian.

Oleh karena itu Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (PPSDMP) Kementerian Pertanian Siti Munifah mengatakan saat ini lembaganya sedang melakukan sertifikasi berkelanjutan untuk meningkatkan SDM pertanian lebih berkualitas.

"Sertifikasi akan dilakukan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) pendidikan, demi terwujudnya SDM unggul diawali dengan sertifikasi yang ada," ujar Siti Munifah.

Dia menambahkan ada tiga faktor keberhasilan sertifikasi. Pertama, ketenagaan itu sendiri yang di dalamnya termasuk BPPSDMP yang melakukan penyelenggaraan, juga para assesor.

Kedua, kelembagaan TUK maupun kelembagaan yang melakukan pelaksanaan dan ketiga adalah sisi sistem penyelenggaraannya itu sendiri.

"SOP sudah kita perbaiki untuk penyelenggaraan sertifikasi ini," papar dia.

Saat ini, kata Siti, pihaknya memiliki 1.200 P4S dan diharapkan ke depannya bisa makin berkembang lagi.

Salah satu indikator penting dalam keberhasilan pembangunan sumber daya manusia pertanian adalah sertifikasi profesi bidang pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News