Kementan Berhasil Bangun Relasi Lintas Kelompok untuk Dorong Ekspor

Kementan Berhasil Bangun Relasi Lintas Kelompok untuk Dorong Ekspor
Mentan Amran memamerkan mangga Indonesia yang layak ekspor. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Lonjakan ekspor kurun waktu 4,5 tahun terakhir harus diakui sebagai realisasi keberhasilan Kementerian Pertanian (Kementan) bersinergi dengan berbagai unsur.

Relasi itu dapat dibangun baik sebab gagasan program yang ditawarkan Kementerian Pertanian (Kementan) dinilai memberikan kemanfaatan secara luas.

"Kementan bisa berkomunikasi dengan lintas unsur untuk bersama mendorong produktivitas pertanian. Itu luar biasa sebab tak mudah menyatukan satu visi yang berbeda kepentingan," ujar pengamat kebijakan publik Digipol Strategic Indonesia Nur Fahmi BP, Rabu (14/8).

BACA JUGA: Mentan Amran Dukung Penuh Pengembangan Pertanian 4.0 di Nganjuk

Nur Fahmi mengungkapkan, kelompok lain mungkin saja menganggap bahwa upaya mendorong produktivitas pertanian juga berpengaruh positif terhadap kepentingannya. "Di situlah terjadi ekspor pertanian yang meningkat. Dari memacu produktivitas yang berhasil dibangun Kementan sebagai tanggung jawab bersama," ucap Nur Fahmi.

Soal lainnya dikemukakan Nur Fahmi adalah lonjakan ekspor membuktikan pertanian punya andil besar kepada ekonomi negara. Oleh sebab itu, pertanian saat ini mampu menumbuhkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pedesaan yang mayoritas berprofesi sebagai petani.

BACA JUGA: Kementan Siapkan Lima Strategi Bikin Perkebunan Indonesia Jadi Primadona di Pasar Ekspo

Guna informasi, berdasarkan data tahun 2013, jumlah ekspor pertanian adalah sebesar 33,5 juta ton. Kemudian pada tahun 2016 mengalami dua kali kenaikan mencapai 36,1 juta ton dan 40,4 juta ton.

Lonjakan ekspor kurun waktu 4,5 tahun terakhir harus diakui sebagai realisasi keberhasilan Kementan bersinergi dengan berbagai unsur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News