Kementan Beri Bantuan ke Peternak Korban Bencana di Pacitan

Kementan Beri Bantuan ke Peternak Korban Bencana di Pacitan
Perwakilan Kementan berpose bersama usai memberikan bantuan secara simbolik kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, Pamuji, Sabtu (9/12/2017). Foto: kementan for jpnn

jpnn.com, PACITAN - Bencana alam banjir bandang dan tanah longsor yang melanda di Kabupaten Pacitan pada 29 November 2017 telah menyebabkan kerugian mencapai Rp 6,5 miliar di sub sektor peternakan di kabupaten tersebut.

Tercatat, total kematian ternak sapi sebanyak 150 ekor, kambing 1.961 ekor dan unggas 6.509 ekor.

Kerusakan juga terjadi pada Sarana Prasarana seperti Gedung Satuan Pelayanan Inseminasi Buatan (SPIB), N2 cair, Kontainer dan Semen Beku. Selain itu juga terjadi kerusakan pada hamparan Hijauan Pakan Ternak (HPT) dengan total luas 127 ha.

Untuk meringankan kerugian peternak di daerah tersebut, Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) langsung tergerak untuk memberikan bantuan kepada mayarakat yang terkena dampak banjir dan longsor.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu meringankan kerugian peternak, serta memberikan semangat kepada peternak untuk memulai beternak lagi,” demikian ungkap Ketut saat memberikan bantuan secara simbolik kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pacitan, Pamuji, Sabtu (9/12/2017).

Adapun rincian total bantuan yang diberikan Ditjen PKH Kementan, yaitu bantuan ternak berupa 39 ekor sapi, 40 ekor kambing, 5.000 DOD itik dan 1.500 DOC ayam. Kemudian, pakan berupa Hijauan Pakan Ternak 40,3 kg benih, 60.000 stek bibit, 40 ton rumput, silase sebanyak 10 ton dan 12 ton konsentrat.

“Kementan juga memberikan bantuan obat-atan dan vaksin hewan sebanyak 273 botol obat-obatan, 406 botol vitamin, 350 kg mineral dan 120 botol desinfektan,” beber Ketut.

Pada kesempatan tersebut, Ditjen PKH juga mengirimkan tenaga medis kesehatan hewan untuk turun ke lapangan membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta menyerahkan bantuan berupa desinfektan, antibiotic, sepatu boots dan obat cacing.

Kementerian Pertanian melalui Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) memberikan bantuan kepada mayarakat yang terkena dampa banjir dan longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News