JPNN.com

Kementan dan IDI Berkolaborasi dalam Penelitian Lanjutan Eukaliptus

Rabu, 08 Juli 2020 – 14:02 WIB
Kementan dan IDI Berkolaborasi dalam Penelitian Lanjutan Eukaliptus - JPNN.com
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) menandatangani nota kesepahaman dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), terkait kolaborasi penelitian lanjutan tanaman obat sebagai kandidat antivirus dan obat.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa kerja sama ini menandakan bahwa hasil penelitian Balitbangtan sepenuhnya akan diserahkan kepada IDI untuk dilakukan uji klinis dan riset-riset lainnya sesuai dengan prosedur yang ada.

"Sudah lima bulan negara kita diliputi oleh tekanan akibat kebaradaan virus. Oleh karena itu kami tidak diam, apa pun akan kami lakukan demi bangsa dan negara," ujar Mentan saat menyaksikan penandatanganan kerja sama tersebut di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta, Rabu (8/7).

Mentan mengatakan, pihaknya memiliki balai penelitian yang menangani komoditas tanaman obat.

Kementan juga memiliki Balai Besar Pascapanen. Selain itu kementan juga memiliki Balai Besar Veteriner yang memiliki fasilitas laboratorium yang memedai untuk meneliti virus.

Fasilitas ini, kata dia, bisa dimanfaatkan oleh IDI untuk melakukan pengembangan riset dan uji klinis.

"Kami memiliki 300-an profesor dan peneliti yang berkompeten, bahkan kami pernah berkontribusi dalam penanganan wabah flu burung. Tidak ada alasan untuk kami tidak membantu negara," katanya.

Untuk itu, Mentan berharap kerja sama ini bisa mempercepat penelitian tanaman eukaliptus agar bisa dimanfaatkan masyarakat luas dan membantu negara dalam menanggulangi wabah pandemi COVID-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek