Kementan dan Korps Brimob Berkolaborasi Perkuat Pangan Nasional

Kementan dan Korps Brimob Berkolaborasi Perkuat Pangan Nasional
Mentan Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) saat Rakernis Korbrimob Polri di Gedung Satya Haprabu Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Rabu (24/3). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, DEPOK - Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kombes Pol Muhammad Anis mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) meningkatkan ketahanan pangan nasional melalui pemanfaatan lahan tidur, pengadaan benih sayur dan jagung yang unggul serta berkualitas.

"Apalagi program tersebut melibatkan langsung Korps Brimob Polri di seluruh Indonesia. Kami laporkan juga bahwa kami punya terobosan kreatif, di mana terdapat 500 hektare yang kami bangun sebagai kampung sayur," kata Kombes Anis saat Rakernis Korbrimob Polri di Gedung Satya Haprabu Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Rabu (24/3).

Forum itu mengusung tema "Strategi Kementan dengan Korbrimob Polri untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan dalam Mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional".

Anis menyebut kampung kreatif yang melibatkan masyarakat itu kini sudah menghasilkan banyak manfaat. Di antaranya mampu menyuplai 1 ton sayur untuk kebutuhan dapur bencana gempa di Sulawesi Barat beberapa tahun lalu.

"Bahkan sampai saat ini masih berjalan sumbangan ke panti asuhan baik di sekitar Gowa, Takalar, maupun Makassar. Ini bisa kami dilakukan karena adanya peningkatan produksi di mana kami berhasil membuat pupuk organik yang diolah dari sampah," kata Anis.

Senada, Komandan Satuan Bantek Gegana Korps Brimob Kelapa Dua  Kombes Pol Dadang Raharja mengatakan saat ini anggotanya terus dibekali pelatihan bertani untuk menguatkan sistem ketahanan dan kemandirian pangan nasional.

Lebih dari itu, Brimob juga menyiapkan langkah strategis lainnya seperti membuka lapangan pekerjaan melalui sektor pertanian.

Dadang juga menyebut strategi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melibatkan Brimob ini sangat luar biasa, sehingga mereka punya konsep untuk memanfaatkan lahan tidur dan membuka peluang kerja bagi para pengangguran.

Kementan dan Brimob siap perkuat ketahanan pangan nasional melalui pemanfaatan lahan tidur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News