Kementan Dorong Akselerasi Pestisida untuk Memperkuat Peluang Investasi

Kementan Dorong Akselerasi Pestisida untuk Memperkuat Peluang Investasi
Kepala PPVTPP Leli Nuryati (atas, kiri) pada pembukaan PVTPP on Talk #4 sebagai rangkaian kegiatan 1st Agri-Investment Forum and Expo. Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya meningkatkan pelayanan dan perizinan produk pertanian guna meningkatkan investasi secara besar-besaran. Salah satunya melalui akselerasi produksi pestisida.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pelayanan dan perizinan sangat penting untuk mendukung jalannya proses pembangunan nasional.

Dia ingin melalui pelayanan yang baik maka akan berdampak langsung baik pada kemudahan investasi maupun UMKM.

"Pemerintah terus memaksimalkan perizinan untuk memudahkan investasi. Kami harap, pelayanan dan perizinan ini dapat berdampak pada kemudahan layanan lainnya,," ujar Mentan, Sabtu (11/11).

Diketahui, Presiden Jokowi telah mengerahkan seluruh jajaran pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri serta memberikan kemudahan berusaha bagi UMKM.

Kapasitas produksi nasional sebaiknya ditingkatkan dengan mendorong pembuatan kebijakan yang berpihak bagi industri dan kebutuhan dalam negeri serta melakukan pendampingan bagi UMKM agar naik kelas.

Mengenai hal ini, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PPVTPP) Leli Nuryati mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah berupaya meningkatkan produksi pestisida dalam negeri untuk membuka peluang peningkatan investasi di sektor pertanian.

Menurut dia, Pusat PVTPP mengemban amanah untuk mengkoordinasikan layanan perizinan pertanian khususnya pendaftaran pestisida yang merupakan salah satu input produksi yang menentukan produktivitas pertanian.

Kementan berupaya meningkatkan pelayanan dan perizinan produk pertanian guna meningkatkan investasi. Salah satunya melalui akselerasi produksi pestisida.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News