Kementan Dorong Daerah Gelar Sosialisasi Pengoperasian Alsintan

Kementan Dorong Daerah Gelar Sosialisasi Pengoperasian Alsintan
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) berharap semua petani mampu mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Oleh karena itu, daerah diminta mengadakan pelatihan dalam pengoperasian Alsintan. Seperti yang dilakukan Kabupaten Halmahera Utara (Halmut), Maluku Utara (Malut).

“Pelatihan atau sosialisasi soal alsintan memang penting untuk meningkatan pengetahuan petani,” kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy, Rabu (31/7).

BACA JUGA: Membedah Kerja Sama Kementan dan Kemendes Sejahterakan Petani di Daerah Transmigrasi

Menurut Sarwo Edhy, dengan melakukan sosialisasi dan pelatihan penggunan alsintan, petani diharapkan menjadi lebih terbiasa dengan teknologi, sehingga pemanfaatan alat tersebut menjadi maksimal.

"Melalui kegiatan ini, petani bisa lebih optimal menggunakan alsintan, mulai dari olah tanah sampai panen. Belakangan ini Maluku Utara memberikan sosialisasi pentingnya memanfaatkan Alsintan kepada anggota Poktan maupun Gapoktan," ungkap Sarwo Edhy.

Bertempat di persawahan Desa Margo Mulyo, Kecamatan Kao Barat, Kabupaten Halmut) berlangsung kegiatan pembukaan pelatihan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kerjasama Dinas Pertanian Malut dengan PT Rutan.

Di kegiatan tersebut hadir Bupati Halut Frans Manery, Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Malut Abjan Doa, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Halut Daud, Kadis Ketahanan Pangan Halut Valentino Wakabesy, Kasatpol PP Halut Nelson Sahetapy dan tamu undangan peserta pelatihan sekitar 250 orang.

Kementerian Pertanian (Kementan) berharap semua petani mampu mengoperasikan alat dan mesin pertanian (alsintan).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News