Kementan Dorong Kembangkan Varietas Lokal untuk Mencapai Swasembada Pangan

Kementan Dorong Kembangkan Varietas Lokal untuk Mencapai Swasembada Pangan
Kepala Pusat PVTPP Kementan Leli Nuryati (kanan) menyerahkan sertifikat tanda daftar varietas padi unggul bernama Dharma Nina Ayu (DNA) kepada Bupati Indramayu Nina Agustina dalam sebuah acara panen raya yang berlangsung di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Indramayu, Jawa Barat. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, INDRAMAYU - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong berbagai daerah di Indonesia mengembangkan varietas lokal dalam meningkatkan produksi nasional.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman pun mengajak para kepala daerah mengawal jalannya produksi beras tahun ini.

Mentan Amran menginginkan Indonesia mampu mencapai swasembada pangan sehingga ke depan tidak lagi bergantung pada kebijakan impor.

Sebab, dia mengungkapkan kondisi dunia sekarang sedang menghadapi krisis pangan.

Bahkan, sudah ada negara yang kelaparan dan beberapa negera menyetop ekspor karena perubahan cuaca.

"Jadi mau tidak mau kita harus menuju swasembada dan harus berdiri di kaki sendiri. Kenapa? Karena Indonesia bisa mengoptimalkan potensi yang ada," kata Mentan Amran beberapa waktu lalu.

Sejalan dengan arahan Mentan Amran, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) Kementan Leli Nuryati mendorong lebih banyak pengembangan varietas lokal.

Terbaru, PVTPP menyerahkan sertifikat tanda daftar varietas unggul bernama Dharma Nina Ayu (DNA) dalam sebuah acara panen raya yang berlangsung di Desa Wanasari, Kecamatan Bangodua, Indramayu, Jawa Barat.

Kementan mendorong berbagai daerah di Indonesia mengembangkan varietas lokal demi mewujudkan Indonesia mampu mencapai swasembada pangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News