Kementan Dorong LPBE-WP Demi Tingkatkan Produksi

Kementan Dorong LPBE-WP Demi Tingkatkan Produksi
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mencoba Alsintan. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian terus mendorong pembangunan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjelaskan hal ini dimaksudkan sebagai langkah alternatif dalam meningkatkan kesejahteraan petani yang berada di daerah pinggiran yakni perbatasan.

Wilayah perbatasan adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang pada hakikatnya adalah beranda terdepan. 

Secara geografis, wilayah perbatasan Indonesia terdiri dari perbatasan darat dan laut yang berada di 13 provinsi serta mencakup 41 kabupaten. 

Perbatasan darat berbatasan langsung dengan negara-negara Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Sedangkan perbatasan laut berbatasan dengan sepuluh negara, yaitu India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Republik Palau, Australia, Timor Leste dan Papua Nugini (PNG).

Dilihat dari letak dan potensinya, wilayah perbatasan memiliki prospek yang sangat strategis dan menguntungkan untuk dikembangkan. 

Salah satunya adalah potensi lahan yang luas dan sumberdaya alam yang banyak.  Permaalahannya, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara tepat dan optimal.

Kementerian Pertanian terus mendorong pembangunan lumbung pangan berorientasi ekspor di wilayah perbatasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News