Kementan Dorong Pengembangan Hortikultura di Luar Jawa

Kementan Dorong Pengembangan Hortikultura di Luar Jawa
Lahan sayur dan tanaman hortikultura di wilayah Belitung. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BELITUNG - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menegaskan pembangunan hortikultura tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi juga harus fokus di luar Jawa. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan hortikultura, khususnya aneka cabai dan bawang merah di setiap pulau bisa mandiri.

Dengan demikian akan memangkas rantai pasok yang berimplikasi harga yang diterima oleh petani wajar dan untung tetapi konsumenpun ikut tersenyum.

Menindaklanjuti hal tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Liliek Sri Utami mengatakan geliat pembangunan hortikultura di wilayah Sumatera yaitu Bangka Belitung menjadi prioritas untuk dikembangkan sejalan geliat pariwisata yang terus meningkat. Hal tersebut disampaikan pada saat melakukan kunjungan lapangan setelah rapat koordinasi penyusunan Anggaran 2019.

“Komoditas sayuran seperti cabai, sayuran dataran rendah menjadi komoditas andalan yang dapat dibudidayakan di Bangka Belitung,” ungkap Liliek sapaan akrabnya.
Komoditas ini sangat penting untuk dikembangkan agar gejolak inflasi di wilayah ini bisa ditekan dan aman.

Menurut Wise, salah satu PPL di Desa Terong Kecamatan Sijuk mengatakan potensi pengembangan di desa ini bisa mencapai 15 Ha. Komoditas yang cocok untuk dikembangkan adalah jenis sayuran dataran rendah seperti cabai, bawang daun, sawi dan seledri. Tahun 2018 kelompok tani kami mendapat bantuan cabai seluas 5 Ha.

Pj Kades Terong, I G P Oka Seputro mengatakan petani di wilayahnya sangat antusias dalam mengembangkan sayuran. Anak-anak muda di sini sangat tertarik berbudidaya sayuran karena permintaan cukup tinggi dan harga bagus sehingga menjadi daya tarik sendiri bagi petani muda.

Seputro menambahkan Kebutuhan petani di lapangan berupa plastik UV, mulsa, pompa irigasi, drip irigasi. “Sumber air cukup tersedia sehingga tidak ada alasan untuk berbudidaya sayuran di wilayah kami,” ungkapnya.

Menurut Yansa, Ketua Kelompok Tani Bina Usaha dengan anggota 25 orang di Desa Terong Dusun Bebute Kecamatan Sijuk bahwa kelompok binaanya saat ini mengembangkan seledri, sawi dan daun bawang. “Di wilayah ini kami bersama kelompok membuat Hamparan "Aipog bersatu". Pemasarannya kami bawa ke Pasar Manggar dan Tanjung, harga Lumayan dan petani untung,” ungkapnya.

Mentan Amran Sulaiman menegaskan pembangunan hortikultura tidak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa, tetapi juga harus fokus di luar Pulau Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News