Kementan Fokus Kembalikan Kejayaan Bawang Putih di Sembalun

Kementan Fokus Kembalikan Kejayaan Bawang Putih di Sembalun
Perbenihan bawang putih. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Cerita tentang pertanian bawang putih yang melimpah telah menjadikan Sembalun, sebuah kecamatan kecil di dataran tinggi Lombok Timur begitu dikenal.

Sayang popularitasnya sempat menurun karena produksi bawang putihnya anjlok dalam beberapa tahun terakhir.

Tetapi kini, semua pemangku kepentingan di Sembalun telah bertekad untuk berbenah. Dari kaki Gunung Rinjani yang keagungannya tak pernah berubah, mereka ingin menjadikan Sembalun kembali sebagai sentra bawang putih.

Bersama komoditas lain utamanya padi, jagung, dan kedelai, bawang putih diharapkan mampu mendongkrak Indonesia sebagai jajaran negara yang berdaulat pangan.

Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) juga semakin fokus untuk mengembangkan program swasembada pangan termasuk bawang putih.

Sehingga Sembalun sebagai tempat yang pernah mencatatkan diri sebagai sentra bawang putih pada masa lalu pun kembali dilirik untuk dibenahi.

Kondisi iklim Sembalun dan topografinya dikelilingi oleh bukit-bukit dengan puncak tertinggi gunung Rinjani memang sempat menguntungkan bagi budidaya bawang putih.

Terlebih lagi saat ini komoditas bawang putih kian memiliki nilai ekonomis tinggi untuk pasar ekspor dengan harga yang relatif stabil.

Cerita tentang pertanian bawang putih yang melimpah telah menjadikan Sembalun, sebuah kecamatan kecil di dataran tinggi Lombok Timur begitu dikenal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News