Kementan: Harga Cabai Segera Turun

Kementan: Harga Cabai Segera Turun
Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi memastikan harga cabai akan stabil dalam waktu dekat. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi memastikan harga cabai akan stabil dalam waktu dekat.

"Komoditas cabai yang naik karena faktor cuaca. Kami intervensi sehingga masyarakt bisa membelinya dengan harga yang murah. Kami pastikan dalam waktu dekat ini harga cabai akan turun," ujar dia dalam keterangan yang diterima, Kamis (8/4).

Dia menjelaskan, selama ini pemerintah sudah melakukan analisis dan berbagai perhitungan untuk menjaga stabilitas harga komoditas utama, baik dari sisi produsen maupun dari sisi konsumen.

"Secara nasional ketersediaan pangan kita aman. Bahkan hingga Mei atau pasca-lebaran. Tentu kewajiban kami adalah menjaga harga di tingkat produsen maupun konsumen. Dua hal ini yang kita jaga bersama jajaran Kemendag," beber Agung.

Selain itu, kata Agung pemerintah juga melakukan intervensi disaat kondisi harga mulai naik. Salah satunya dengan memobilisasi daging dari sentra produksi sampai ke pasar.

Di samping itu, pemerintah secara rutin memonitoring situasi dan pergerakan harga di lapangan yang dilakukan selama dua minggu sekali.

Hasil monitoring ini selanjutnya dicocokkan dengan data yang dimiliki Badan Pusat Statistik (BPS).

"Oleh karena itu segala macam upaya kami lakukan. Secara continue kami melakukan pertemuan rutin dan melakukan intervensi antar lembaga pemerintah, sehingga kenaikan yang terjadi tidak lebih dari 10 persen," jelas dia.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi memastikan harga cabai akan stabil dalam waktu dekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News